Ilustrasi Bondek Untuk Atap

Belum Tahu Apa Itu bondek? Baca Penjelasannya di Sini

Membangun rumah atau kontruksi lain memang memerlukan berbagai macam bahan dukungan yang berkualitas seperti bondek. Bondek untuk atap dipercaya mampu memberikan kegunaan yang cukup signifikan pada sebuah konstruksi bangunan. Nah bagi Anda yang belum tahu apa itu bondek berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Apa itu bondek?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika membuat sebuah konstruksi bangunan seperti rumah juga diperlukan beberapa bahan dukungan yang cukup kompeten kegunaanya. Salah satunya adalah adanya dukungan dari bondek untuk atap.

Meski sudah kerap digunakan untuk keperluan pembuatan bangunan modern. Namun tak semua orang tahu bagaimana sih fungsi dari bondek tersebut. Atau mungkin Anda adalah salah satu orang yang belum tahu bagaimana fungsi dari bondek untuk suatu bangunan.

Tak perlu bingung jika Anda belum tahu tentang bondek. Sebab pada poin ini akan dijelaskan lebih dalam tentang bondek untuk sebuah konstruksi bangunan.

bondek adalah sebuah bahan material yang berbentuk lembaran. bondek kebanyakan terbuat dari bahan baku galvalum yang sudah terlapis dengan galvanis atau bisa juga dibuat dari bahan aluminum. Perlu diketahui jika bondek kerap digunakan untuk pengganti triplek dalam pembuatan plafon bangunan rumah. Di sisi lain bondek memiliki sebutan lain yaitu floordeck.  

Pada rumah dengan dua lantai kegunaan dari bondek terlihat lebih terasa. Pasalnya pada bangunan rumah dua lantai, bondek digunakan untuk keperluan media cor lantai dua. Pada proses ini juga kerap disebut dengan istilah metal decking.

Nantinya bondek akan disangga oleh baja dari balok kayu atau bisa juga dari balok baja tergantung dari pilihan yang digunakan. Proses metal decking ini adalah sebuah tindakan yang dilakukan agar hawa panas luar tidak masuk ke dalam ruangan rumah.

Metode ini sangat cocok digunakan untuk gedung bertingkat sebagai atap beton ataupun lantai dari Beton. Menariknya beberapa orang memutuskan memperlihatkan bondek dengan sentuhan finishing cat. Hal ini dimaksudkan agar kesan cantik bisa diperlihatkan di dalam sebuah ruangan.

Kelebihan Bondek

Berikut adalah beberapa kelebihan dari bondek yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakannya. 

  1. Hemat anggaran
  2. Hemat tiang penyangga proses pembuatan atap
  3. Hemat penggunaan besi
  4. Proses cepat

Nah itulah penjelasan tentang bondek untuk atap yang bisa Anda baca selengkapnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.