kompor listrik

Berbagai Kelebihan Kompor Listrik

Perkembangan teknologi terus melaju dan merambah segala jenis alat yang ditujukan untuk mempermudah kehidupan manusia, tidak terkecuali kompor listrik. Dari dulu berbahan bakar minyak, kemudian gas, dan sekarang sudah ada kompor listrik atau kompor induksi. Untuk Anda yang ingin membeli dan menggunakan kompor listrik, berikut berbagai kelebihannya.

Permukaan Kompor Selalu Dingin

Jika Anda menggunakan kompor gas, permukaan kompor akan cenderung panas ketika digunakan. Tapi hal ini tidak akan terjadi pada kompor listrik atau kompor induksi. Hal ini menjadi salah satu kelebihan paling populer yang menjadi alasan banyak orang memilih kompor listrik ketimbang kompor gas.

Hal ini tentu akan meningkatkan kenyamanan dan bahkan keamanan ketika memasak atau setelah memasak. Tidak hanya itu, permukaan yang tidak panas bahkan ketika sedang digunakan pun juga membuat proses membersihkan kompor lebih mudah, apalagi ketika ada yang tertumpah ketika proses memasak sedang berlangsung.

Energi Panas yang Terfokus

Ketika menggunakan kompor gas, energi panas yang dihasilkan tidak hanya tertuju pada wajan atau panci melainkan juga ke area sekitar sumber panas. Hal ini sangat berbeda dengan kompor listrik yang akan memfokuskan energi panasnya hanya pada satu titik yaitu panci atau wajan yang sedang digunakan.

Hal ini terjadi karena kompor induksi sendiri memiliki isi gulungan bahan magnetik. Ketika koil penghantar panas dilalui arus listrik, maka koil tersebut kemudian akan memproduksi medan magnet yang hanya akan ditransfer ke alat masak yang berada tepat di atasnya.

Waktu Memasak yang Lebih Cepat

Kelebihan ketiga dari kompor induksi ini adalah waktu memasak yang relatif lebih cepat daripada kompor gas. Hal ini masih berkaitan dengan kelebihan kedua yaitu energi panas yang terfokus dan tidak menyebar sehingga lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, dengan pendistribusian energi panas yang lebih terfokus dan tidak menyebar, ketika dinyalakan, kompor listrik akan dapat langsung menghantarkan panas pada wajan atau panci yang ditaruh di atasnya.

Lebih Mudah dan Biaya yang Lebih Murah

Salah satu kerepotan yang harus dihadapi ketika menggunakan kompor gas adalah ketika Anda harus mencopot regulator dari tabung gas, membawa tabung gas ke toko terdekat dan kemudian mengganti tabung gas tersebut setiap kali gas Anda habis. Hal ini tentu saja tidak perlu Anda lakukan ketika memiliki dan menggunakan kompor listrik.

Tidak hanya itu, karena tingkat efektivitas dan efisiensinya yang tinggi, Anda akan dapat menghemat banyak energi dan biaya dalam jangka panjang. Biaya pemasangan kompor listrik di awal mungkin akan cukup mahal, tapi dalam pemakaian jangka panjang, Anda akan menghemat dalam jumlah yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.