Ilustrasi kehamilan

Manfaat Mengetahui Kalender Ovulasi Bagi Wanita, Sudah Tahu?

Cara menghitung kalender ovulasi atau masa subur sebaiknya diketahui oleh pasangan yang sudah menikah dan sedang merencanakan program hamil tersebut. Dengan mengetahui informasi tersebutlah maka dapat dijadikan sebagai patokan kapan anda akan melakukan hubungan intim dengan pasangan tersebut. 

Masa subur atau biasanya dikenal dengan ovulasi adalah proses pelepasan dari sel telur dimana sudah matang. Sesudah dilepaskan itulah, sel telur sudah siap buat dibuahi di dalam saluran tuba falopi. Dalam hal ini, sel telur tersebut akan bertemu dengan sperma dari pasangan sehingga akan terjadi pembuahan dan peluang untuk hamil ternyata jauh lebih tinggi

Manfaat Mengetahui Kalender Ovulasi 

Adapun ovulasi sendiri biasanya akan terjadi di hari ke-14 dalam siklus menstruasi wanita. Hitungan ini memang tidak sepenuhnya benar. Tetapi biasanya hanya bisa diterapkan pada seorang wanita dengan siklus menstruasi selama 28 hari setiap bulannya. Padahal jika dilihat lebih jauh, siklus haid setiap wanita ternyata berbeda-beda setiap bulannya. 

Oleh sebab itulah, sangat disarankan agar melakukan perhitungan masa subur sesuai dengan siklus haid sehingga masa suburnya jauh lebih akurat. Cobalah buat mencatat siklus haid di kalender selama kurang lebih 8-12 hari secara berturut-turut. Dengan catatan inilah ternyata akan memberikan perkiraan kapan anda sedang berada di masa paling subur. 

Sebaiknya anda juga melakukan perhitungan dari siklus terpanjang serta terpendek dari haid. Sebagai contohnya adalah siklus terpendek adalah 28 hari dan terpanjang adalah 30 hari. Maka untuk siklus terpendek tersebut dapat dikurangi 18. Sedangkan untuk siklus terpanjang akan dikurangi 11. 

Dengan mengetahui kalender ovulasi atau masa subur inilah ternyata akan memberikan sejumlah manfaat tersendiri bagi para wanita. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan. 

  1. Membantu Meningkatkan Peluang Hamil 

Bagi anda dan pasangan dimana sudah menunggu sejak lama kehadiran dari momongan, menghitung sekaligus mengetahui masa subur dari wanita adalah hal paling penting. Sebab nantinya peluang hamil jauh lebih tinggi apabila terjadi pembuahan di dalamnya. Sebab nantinya, sperma dari pasangan akan berada di tuba falopi sehingga membuat kesempatan hamil tinggi. 

  1. Mendeteksi Adanya Masalah Reproduksi 

Bukan hanya dapat digunakan sebagai cara meningkatkan kehamilan tetapi juga dapat membantu mendeteksi apabila terdapat masalah pada reproduksi wanita tersebut. Sebagai contohnya adalah membantu mengetahui adanya masalah kemandulan. Sebab hubungan seksual dimana dilakukan pada masa subur dengan frekuensi tinggi tetapi tidak ada hasil, dapat menjadi tanda kemandulan. 

  1. Digunakan Sebagai Alat KB Alami 

Tidak sampai disitu saja, mengetahui kalender inilah ternyata juga bermanfaat sebagai alat KB alami bagi seorang wanita. Dengan mengetahui masa subur inilah, anda bisa menunda melakukan hubungan seksual pada masa tersebut. Ini sangat cocok bagi pasangan dimana ingin menunda momongan. 

Jika anda sudah melakukan hubungan seksual tetapi masih belum menunjukkan tanda-tanda maka sebaiknya harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan mengetahui kalender ovulasi atau masa subur itulah sebenarnya akan berikan banyak manfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.