tes ovulasi pada pcos

Seperti Apa Tes Ovulasi pada PCOS?

Memiliki keturunan adalah dambaan bagi pasangan yang telah menikah. Mengecek kesuburan menjadi penting untuk melancarkan program hamil bagi pasangan suami istri. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, cukup sulit untuk menentukan masa suburnya, sehingga diperlukan alat bantu yaitu alat tes ovulasi pada pcos.

Alat Tes Ovulasi

Alat tes ovulasi sering disebut juga alat tes kesuburan. Seperti namanya, alat tes ini berguna untuk mengetahui kapan masa subur seorang wanita sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. Masa subur wanita terjadi ketika sel telur dilepaskan dari indung telur ke saluran tuba falopi, dan siap untuk dibuahi sperma, proses ini dinamakan juga ovulasi.

Ada beberapa alat tes ovulasi yang bisa anda coba:

  1. Ovulation test pack

Cara kerja alat tes ini dengan meneteskan urine ke alat tes. Namun alat tes ini tidak dapat digunakan oleh penderita PCOS.

  1. Basal Body Temperature (BBT)

BBT atau suhu basal merupakan suhu tubuh saat beristirahat. Gunakan termometer ketika anda belum beranjak dari tempat tidur dipagi hari.

  1. Lendir pada Serviks

Kondisi lendir serviks akan berubah ketika sel telur mulai dilepaskan dan siap dibuahi. Pada saat itu lendir serviks akan memiliki tekstur lebih elastis, transparan atau sedikit berwarna keputihan, dan licin. 

  1. USG

Tes USG dapat anda lakukan di Puskesmas, Rumah Sakit, maupun dokter kandungan.

  1. Tes darah

Tes darah dapat anda lakukan di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Apa Itu PCOS dan Penyebabnya

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau Sindrom polikistik ovarium adalah gangguan hormon pada wanita di usia suburnya. Ovum atau sel telur wanita tidak dapat berkembang dengan optimal dikarenakan ketidakseimbangan hormon. Gangguan hormon ini utamanya karena resistensi insulin dan kelebihan androgen. Imbasnya siklus menstruasi pada wanita menjadi tidak teratur dan kemungkinan hamil menjadi lebih kecil. Selain itu, faktor genetik juga menjadi salah satu faktor penyebab PCOS. 

Gejala PCOS yang dapat dengan mudah diwaspadai di antara lain adalah siklus haid tidak teratur, jerawat berlebih, pertumbuhan rambut berlebih, dan kelebihan berat badan. Namun anda dapat memastikannya dengan melakukan pemeriksaan di Dokter spesialis kebidanan dan kandungan (SpOG). Cukup sulit mengetahui masa subur pada penderita PCOS, sehingga diperlukan alat tes ovulasi pada PCOS.

Prosedur Tes Ovulasi pada PCOS

Bagi penderita PCOS anda sebaiknya memeriksakan langsung kepada dokter kandungan dengan sebelumnya mencatat tanggal menstruasi setidaknya 6-9 bulan, telah melakukan pengecekan suhu basal, dan pengamatan lendir serviks agar informasi yang bisa anda bagikan pada dokter kandungan lebih lengkap. Tidak lupa juga pasangan suami istri hendaknya menjalani gaya hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.