kopi yang dituang ke cangkir putih

6 Cara Merawat Astoria Machine Espresso

Bagi para pemilik kedai kopi, Astoria Machine Espresso bisa dikatakan bukan benda asing lagi. Mirip dengan mesin pada umumnya, sebagai mesin espresso tentu perlu dirawat secara rutin agar tetap terjaga kefungsiannya dan awet. 

Membersihkan Portafilter

Alangkah lebih baik penggunaan portafilter cukup sekali pakai dan harus rajin serta berkala membersihkannya agar terhindar dari kerusakan seperti berkarat. Umumnya, cara membersihkan portafilter setelah dipakai dengan merendam air hangat selama kurang lebih 30 menit. 

Membersihkan Nozzle Uap atau Steam Wand

Komponen selanjutnya yang harus dibersihkan adalah nozzle uap atau steam wand dengan menggunakan kain bersih yang lembab dan mengelapnya secara perlahan. Jangan gunakan kain pembersih itu untuk membersihkan komponen lainnya karena dapat merusak lubang semburan uap. 

Membersihkan Grouphead

Gunakan handuk untuk membersihkan bagian grouphead mesin kopi dari debu tak kasat mata, hal tersebut dilakukan agar tidak mempengaruhi cita rasa kenikmatan kopi yang akan anda buat nantinya.

Membersihkan Selang Pembuangan

Salah satu komponen yang sangat jelas kotornya adalah selang pembuangan residu kopi, apabila tidak dibersihkan secara rutin akan menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu anda dapat membersihkannya sebelum dan sesudah penggunaan agar tak ada bakteri yang mengendap di selang. 

Hindari Bahan Kimia

Hindari penggunaan bahan kimia dalam membersihkan Astoria Machine Espresso. meskipun efektif dalam membersihkan noda membandel dan bakteri ternyata penggunaan bahan kimia memiliki pengaruh buruk terhadap cita rasa kopi, efeknya kopi yang anda hasilkan tidak memiliki rasa khas apalagi nikmat. 

Hindari Air Panas

Terdapat beberapa komponen terbuat dari kaca, keramik ataupun porselen sehingga sangat sensitif terhadap suhu panas. Untuk itu hindari penggunaan air panas agar tak terjadi kerusakan parah pada komponen mesin. 

Gunakan Sikat Halus

Untuk menghindari kerusakan pada mesin kopi espresso gunakan sikat halus atau spons untuk menghindari goresan. Pastikan sikat halus tersebut aman digunakan untuk permukaan mesin. 

Matikan Mesin

Setelah selesai menggunakan Astoria Machine Espresso pastikan kabel tercabut dari sumber listrik. Hal tersebut cukup efektif untuk menjaga mesin agar lebih awet dan bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.