asuransi jiwa

Hal – hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Online

Sama halnya ketika membeli produk asuransi secara offline, membeli produk asuransi jiwa online juga membutuhkan riset yang mendalam supaya tidak salah pilih produk asuransi jiwa terbaik. Sebelum itu, kamu juga harus memahami cara kerja asuransi tersebut. Asuransi adalah produk keuangan yang akan berguna untuk melindungi diri dari berbagai risiko kerugian finansial pada saat terjadi musibah datang. 

Memahami Produk Asuransi yang akan Dibeli
Membeli produk asuransi dapat membantu kamu terhindar dari kebangkrutan maupun hutang yang banyak ketika risiko finansial yang tidak terduga terjadi. Asuransi ada beberapa jenis, antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi umum yang meliputi asuransi mobil, asuransi properti, dan juga asuransi perjalanan. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan objek yang akan dilindunginya. Jadi, jangan lupa untuk memastikan kamu sudah memilih produk jenis asuransi jiwa online yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan Anda.

Menentukan Produk dan Bandingkan
Setelah kamu mengenal berbagai jenis asuransi, kamu dapat menentukan produk yang paling cocok. Membeli proteksi asuransi dengan sistem online memungkinkan para nasabah melakukan perbandingan dengan cepat. Biasanya, orang akan lihat dari sisi harga premi dan promo potongan harga, tetapi yang paling penting, perhatikan plafon nilai pertanggungan yang kamu butuhkan dan manfaat perlindungan apa yang nantinya akan didapatkan.

Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Pastikan jika perusahaan asuransi jiwa online sudah tercatat dan berada di bawah pengawasan OJK. Kamu juga dapat langsung melakukan pengecekan kondisi sebuah perusahaan asuransi. Caranya dengan melihat rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) sebuah perusahaan asuransi. OJK yang akan mengatur bahwa perusahaan asuransi harus mempunyai RBC setidaknya 120%, baik untuk asuransi jiwa atau asuransi umum. Semakin besar RBC, maka kondisi keuangan perusahaan akan semakin sehat.

Jangan Sungkan untuk Bertanya
Membeli produk asuransi online memang akan lebih memudahkan, tetapi terkadang informasi yang dilakukan sistem jarak jauh sering mengakibatkan salah pengertian. Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk bertanya kepada customer service. Bila dirasakan informasi masih belum cukup, minta secara detil dokumen asuransi tersebut dan lihat di halaman informasi produk pada situs asuransi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.