3 Cara untuk Menyalakan Genset Silent

Distributor genset Jakarta – Cara melakukan running generation set merupakan sebuah sistem untuk menjalankan proses dalam menghidupkan atau menyalakan genset silent yang benar memang sangat penting untuk dilakukan dan diketahui oleh masyarakat umum, karena pada saat menjalankan proses tersebut dengan benar akan bisa membuat genset menjadi lebih awet dan juga tidak akan mudah mengalami kerusakan. 

Cara Mudah Menyalakan Mesin Genset Silent

Agar bisa lebih tahu dan memahami bagaimana cara menyalakan genset silent ini, maka Anda harus menyimak ulasan yang akan kami berikan di bawah ini. 

Starter Elektrik

Pada saat akan menyalakan genset silent dengan cara yang satu ini umumnya distributor genset Jakarta akan digunakan di mesin genset yang mempunyai kapasitas setidaknya 500PK ke bawah. Dengan menggunakan motor DC yang mempunyai daya dari accu 12/24 volt yang mempunyai fungsi sebagai motor penggerak agar bisa memulai mesin diesel tersebut. 

Sedangkan pada sistem kerja yang dimiliki oleh mesin satu ini adalah menggunakan cara di motor starter DC yang akan melakukan putaran di mesin setelah nantinya mendapat aliran listrik yang berasal dari accu sehingga mesin bisa memiliki putaran yang lebih stabil dan bisa menyala dengan baik. 

Accu yang digunakan itu harus mampu untuk memberikan daya putaran pada motor untuk dapat melakukan starter motor elektrik yang paling rendah adalah enam kali sebelum nantinya melakukan pengisian ulang, hal tersebut akan dibutuhkan pada saat mesin diesel tersebut sulit untuk dihidupkan. Untuk beberapa harga genset silent yang mahal sudah akan dilengkapi dengan baterai charger, merupakan alat yang dipakai untuk melakukan pengisian ulang daya di accu. 

Jadi nantinya ketika diesel tidak bisa bekerja, accu tersebut bisa terisikan daya dengan menggunakan sumber daya listrik yang berasal dari jaringan PLN. Ketika genset silent beroperasi maka baterai charger akan bisa mendapatkan daya listrik yang berasal dari generator. Diperlukan juga sebuah pengaman untuk tegangan agar baterai tersebut itu melakukan deteksi kepada accu, sudah terisi dengan penuh maupun belum, kemudian akan memutuskan pada saat memang sudah terisi dengan penuh. 

Manual 

Biasanya distributor genset Jakarta sering menyarankan cara ini yang mana umumnya digunakan pada genset silent yang berkapasitas kecil dan kurang dari 30PK. Cara menyalakannya dengan memutar di bagian tuas engkolnya yang ada di mesin diesel tersebut secara konstan hingga mesin bisa berputar lebih stabil. Cara ini akan tergantung dari operator yang akan menanganinya. 

Memang tidak akan ada cara khusus di bagian sistem tersebut dan perawatan yang khusus dan harus dilakukan karena hanya akan tinggal melakukan putaran di bagian poros engkol agar bisa menghidupkan mesinnya. Menyalakan mesin genset diesel dengan menggunakan cara seperti ini memang sangat praktis jika digunakan untuk keperluan dan penggunaan genset dengan cara outdoor yang mempunyai kapasitas kecil yang sering sekali melakukan perpindahan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.