mata uang rupiah

Apa Itu Kredit Modal Kerja Untuk Pebisnis?

Dalam memulai sebuah bisnis seringkali dihadapi oleh kendala modal yang masih minim, sehingga membutuhkan bantuan pinjaman baik dari koperasi maupun bank dengan syarat tertentu.

Salah satu solusi bagi para pemula di dunia bisnis adalah program kredit modal kerja. Apakah itu?

Apa Itu Kredit Modal Kerja?

Sebuah program bantuan peminjaman dana untuk modal usaha yang diselenggarakan oleh pihak bank bagi mereka yang baru memulai usahanya, baik korporat hingga UMKM.

Para pelaku usaha akan diberikan pinjaman untuk kebutuhan operasional atau pelunasan utang dagang dalam jangka waktu maksimal selama satu sampai tiga tahun. Bentuk bantuan yang diberikan dapat uang tunai Rupiah maupun valuta asing.

Jenis pinjaman yang diberikan yakni rekening koran dimana nasabah bisa menarik uangnya melalui rekening miliknya menggunakan BG atau cek.

Tidak semua usaha bisa mengajukan KMK, ada syarat utama yang perlu dipenuhi yakni usaha yang dijalankan haruslah setidaknya sudah berjalan selama kurang lebih satu sampai dua tahun.

Keuntungan Kredit Modal Kerja

Ada beberapa keuntungan dari hadirnya program KMK bagi mereka yang terkendala oleh modal, diantaranya.

  1. Lancarnya Operasional Perusahaan

Dalam melakukan bisnis ada aktivitas produksi, distribusi dan sebagainya yang membutuhkan modal besar. Berkat KMK, operasional dapat berjalan semestinya serta meminimalisir adanya macet produksi.

  1. Membantu dalam Pengembangan Usaha

Dengan lancarnya ketersediaan modal tersebut membuat usaha yang dijalankan bisa lebih cepat berkembang dan terlindungi dari krisis modal usaha.

  1. Pemenuhan Permintaan Tercapai

Jika permintaan dari konsumen meningkat namun modalnya tidak tersedia sudah dipastikan akan terjadinya kemacetan produksi yang berakibat langkanya produk yang dijual. 

Dengan peminjaman KMK, perusahaan mampu memenuhi permintaan konsumen.

  1. Memenuhi Kewajiban Perusahaan

Kredit modal kerja memberikan kemudahan terlebih bagi perusahaan dalam membayarkan kewajibannya seperti gaji, utang piutang dan sebagainya. Sehingga tidak akan terjadi kelalaian dalam pemenuhan kewajiban.

Syarat Pengajuan KMK

Berikut ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika akan mengajukan KMK.

  • Warga Negara Indonesia

Yang bisa mendapatkan kredit tersebut hanyalah WNI dan badan usaha yang berada di Indonesia saja karena syarat legalitasnya adalah pemohon menyerahkan identitas KTP, KK, dan sebagainya.

  • Menyiapkan Dokumen Usaha

Nasabah perlu menyiapkan dokumen usahanya seperti TDP, NPWP, SIUP dan lainnya kepada pihak pemberi pinjaman.

  • Tidak Bertentangan Hukum

Hanya jenis usaha yang tidak bertentangan dengan hukumlah yang boleh mendapatkan pinjaman, misalkan usaha jual-beli senjata yang dilarang dalam hukum Indonesia.

  • Menyerahkan Jaminan Kepada Bank

Jangka waktu pinjaman tiap bank berbeda dan harus ada jaminan yang diberikan.

Peminjam harus menyerahkan jaminan kepada pihak bank, baik dokumen tanah atau bangunan, dokumen kendaraan, deposito, dan sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai kredit modal kerja yang memberi kemudahan untuk pelaku usaha. Anda tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.