orang yang belanja di online

Manfaat Menggunakan CMS untuk Toko Online

Bagi pemilik toko online yang bergabung dalam e-commerce, tentu bukan hal baru lagi mendengar software CMS yang digunakan sebagai pengelola atau pengatur website dengan mudah dalam mengelola toko online Anda. Adapun gambaran tampilan terkait menu CMS, seperti mengubah pengaturan CMS, mengupload gambar, mengatur tampilan web, membuat dan mengelola halaman dan juga postingan, menambah dan mengelola user role atau disebut juga pengguna CMS. Beberapa keunggulan yang dapat menarik para pengusaha bisnis online untuk menggunakan software CMS ini. Berikut ini manfaat menggunakan CMS toko online yang Anda kelola, simak penjelasan berikut ini:

  • Membangun website tanpa memerlukan coding

Manfaat menggunakan CMS toko online yang pertama adalah pembuatan website yang dilakukan tanpa perlu coding lagi. Sehingga, Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman dalam membangun website. Bukan hanya itu saja, Anda jauh lebih hemat dikarenakan tidak perlu lagi membayar developer ataupun web agency dalam pengelolaan website Anda. Dengan demikian, CMS cocok untuk digunakan untuk Anda yang memiliki keahlian coding namun tidak perlu membuat website dari awal. Dikarenakan, CMS sudah menawarkan banyak kemudahan kustomisasi pengaturan, seperti membuat plugin custom dan mengedit tema. 

  • Mudah mengatur tampilan website dengan bantuan tema

Dalam membuat desain website dengan tampilan yang menarik memang bukan perkara yang mudah. Namun, menjadi lebih mudah setelah Anda menggunakan software CMS, dikarenakan CMS telah menyediakan berbagai macam tema yang bisa dipilih jika Anda jenuh dengan tampilan website dengan praktis dan instan. Beberapa CMS hanya menawarkan sedikit tema bawaan yang bisa Anda gunakan. Namun, ada juga yang menawarkan beragam pilihan tema bahkan mencapai ribuan. Menariknya, tema CMS kebanyakan mudah dikustomisasi dan gratis digunakan, seperti Anda bisa mengubah warna teks, background, dan masih banyak lagi. Namun,ada juga yang menyediakan tema berbayar yang ditawarkan Marketplace pada pihak ketiganya. 

  • Menambah beragam plugin dan fungsinya

Biasanya CMS bisa digunakan secara langsung dan siap pakai, artinya menyediakan fitur yang lengkap dalam pembuatan website yang sederhana. Sehingga Anda langsung bisa membuat halaman dan menentukan tampilan website Anda. Namun, saat Anda ingin menambahkan fungsi khusus untuk membuat website yang lebih sempurna, seperti kursus online ataupun website bisnis, Anda akan memerlukan plugin. Berbagai macam plugin CMS yang bisa diinstall dengan mudah dan aman untuk digunakan, seperti social share, pop-up, ataupun formulir kontak. 

  • Pembuatan website yang aman

Jika Anda membuat website dengan menggunakan cara coding, tentu bisa saja terjadi error bilamana coding tidak benar. Melalui CMS, kendala ini bisa diatasi karena setiap kode sudah melalui uji coba dan bisa berjalan dengan baik. Bahkan apabila terjadi error dalam pembuatan website sehingga tidak sulit untuk diakses ataupun diretas, pihak developer CMS akan cepat merespon dengan memberikan update terbaru. Itulah beberapa kemudahan dalam pembuatan website melalui software CMS terutama untuk CMS toko online Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.